4 Langkah Cek Mobil Seken Sebelum Dibeli

Selamat datang di toko bagus mobil bekas, Terima kasih atas kunjungan anda. Kami Tokobagusmobilbekas di sini hanya sebagai media online untuk berbagi informasi seputar dunia Otomotif terutama Mobil, dan Jual Beli Mobil. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan kepada kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui menu kontak. Selamat membaca!

Ingin membeli mobil seken di tokobagusmobilbekas? Nah supaya tak mendapatkan masalah pada hari kemudian, ada baiknya cermati sejumlah tips dari tokobagusmobilbekas.blogspot.com ketika memilih mobil seken, Ada 4 langkah pengecekan yang kudu dikerjakan yaitu :

1. Pengecekan fisik mobil ala tokobagusmobilbekas.blogspot.com meliputi :

- Kesatu masuk ke dalam mobil dan duduk pada kursi depan, coba bantalan kursinya terasa kempes atau tidak. Itu adalah salah satu tanda apakah kendaraan itu aktif digunakan atau tidak. Minta pemilik mobil menghidupkan mesin dan dengarkan suara mesin, periksa kondisi lampu, windshield wiper, audio. Cermati angka yang tertera pada odometer.
   
- Kedua, cek area bawah mobil, ditemukan bekas dempulan di balik penyaput tanah atau tidak, apakah ada baut berkarat, cek secara cermat guna memastikan keadaan mobil masih bagus, paling tidak 80 persen. Cek apakah pelek peyang atau tidak, ban standar atau tidak. Faktor itu akan berdampak pada ongkos penggantian yang bisa mencapai 4 juta. Apabila area bawah mobil tampak karatan ada baiknya batalkan saja sebab mobil sudah pernah terendam air.
   
- Ketiga, periksa dempulan pada bemper depan maupun indikasi- indikasi lain yang memperlihatkan pernah mengalami benturan keras. Periksa keadaan grill, masih asli atau sudah diganti. Teliti pula reflektor, apabila buram, pikirkan lagi.

- Keempat, cek keadaan mesin maupun aki. Cek bahwa semua baut tak karatan, cek jalur kabel, teliti rangka dan badan mobil apakah ada perubahan struktur yang disebabkan tabrakan. Apabila ada, ada baiknya batalkan pembelian, sebab ongkos perbaikan dapat menembus angka 20 jutaan dan membutuhkan waktu 3 pekan sampai sebulan.
   
- Kelima, teliti lokasi samping kiri sopir, apakah talang air masih ok atau karatan. Periksa tiang pintu tetap proporsional atau tidak. Itu untuk melihat apakah mobil pernah terjadi benturan atau tidak.
   
- Keenam, periksa pintu kap belakang mobil, seret atau tidak. Masih simetris atau tidak. Periksa wadah ban serep dan juga bannya. Pastikan seluruh kunci masih komplet.





2. Teliti surat surat mobil.
Sesudah cek fisik mobil rampung, tokobagusmobilbekas.blogspot.com menyarankan untuk melakukan cek dokumen mobil meliputi BPKB asli, STNK asli, faktur, maupun KTP pemilik. Periksa nama pemilik terakhir sesuai dengan KTP dan STNK supaya tidak sulit saat akan balik nama. Periksa nomer rangka dan nomer mesin. Periksa BPKB untuk melihat apakah mobil seken itu berasal dari tangan pertama, digunakan untuk perseorangan, perusahaan, maupun untuk keperluan taksi. Periksa pula kartu perawatan rutin guna mengetahui ongkos perawatan.
   
3. Periksa apakah mobil seken itu bermasalah atau tidak. Cek di samsat terdekat guna mengecek bahwa mobil itu tak bermasalah. Cek bahwa kendaraan itu tak diblokir, dapat diurus atau tidak. Itu guna mencegah masalah nantinya.
   
4. Jika seluruh langkah pemeriksaan itu sudah lengkap, dan anda memutuskan membelinya. Tokobagusmobilbekas.blogspot.com menyarankan bahwa Anda memperoleh materai 6.000 berisi nomor rangka dan mesin sekaligus tanda tangan penjual.